Lima Jurus Kuasai Public Speaking - 4 March 2010 - Blog - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:57 AM
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Calendar
«  March 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
Entries archive
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » 2010 » March » 4 » Lima Jurus Kuasai Public Speaking
    4:13 PM
    Lima Jurus Kuasai Public Speaking
    Liputan6.com, New York: Mungkin Anda termasuk orang yang jago berkomentar tentang kualitas pidato seseorang? Sekarang dibalik, bagaimana jika Anda yang harus tampil sebagai pembicara? Mungkinkah Anda mampu mengomentari penampilan Anda? Atau, jangan-jangan justru Anda tidak memahami teknik berbicara di depan umum?

    Anggaplah Anda tidak terlalu mengerti. Namun sebagai seorang profesional, tentunya Anda harus selalu siap untuk malakukan presentasi. Dan asal tahu saja, berbicara di depan umum merupakan salah satu cara terbaik untuk memajukan karir Anda. 

    Berikut ini tips menjadi pembicara yang baik, seperti dilansir situs Askmen, baru-baru ini:

    1. Kuasai poin utama Anda. Bila kebanyakan pidato Anda memiliki tujuan bisnis, maka Anda harus selalu mengatur isi materi pidato ke poin utama. Sehingga presentasi Anda lebih mudah dipahami. Perlu diingat bahwa pendengar tidak akrab dengan isi pembicaraan Anda, maka Anda perlu membantu mereka agar kerangka berpikir Anda terbentuk di pikiran pendengar. 

    2. Melakukan kontak mata. Kontak mata merupakan salah satu cara utama menjaga pendengar Anda agar merasa terlibat. Ketika Anda berbicara, fokuskan kontak mata Anda kepada pendengar. Juga selaraskan dengan apa yang Anda sampaikan. Sehingga Anda terlihat alami. 

    3. Berbicara alami. Mengapa beberapa pembicara mampu menahan perhatian kita, sedangkan yang lain membuat Anda ingin segera pulang? Ketika Anda berbicara, Anda perlu berbicara secara dinamis, dengan tingkat volume suara bervariasi, menaikkan dan menurunkan pitch Anda, dan menggugah perasaan ke apa yang Anda katakan. 

    4. Memahami ruangan. Berbicara di depan umum bisa membuat stres. Karena itu, sebaiknya Anda memahami betul lokasi dan posisi Anda berbicara. Setidaknya Anda perlu mendatangi ruangan pidato dan sempatkan waktu untuk "belajar" di sana. Minimal Anda mengetahui seluk beluk ruangan dan belajar kepada orang yang tepat. Jangan lupa juga menanyakan persiapan di atas panggung, seperti mikrofon, layar proyeksi, CD player, dan tentu saja, bahan presentasi Anda. 

    5. Tidak mengakui kesalahan. Tidak peduli berapa banyak Anda telah berlatih pidato, kesalahan kecil atau besar kerap terjadi. Karena Anda berada dalam situasi menegangkan. Tetapi, Anda harus tatap tampil tenang dan terkendali. Anda hanya perlu tampil sebagai diri-sendiri jika pendengar ingin menghormati Anda. Janganlah mengakui berbuat kesalahan ketika di atas panggung. Itu hanyalah masalah kecil. Pada dasarnya, pendengar hanya peduli dengan poin presentasi Anda. Jadi kesalahan tidak akan terlihat jelas.(
    Views: 603 | Added by: fajar | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Name *:
    Email *:
    Code *: