Mengapa Malaikat mengajukan banding tatkala Manusia diciptakan...., bukankah malaikat itu termasuk mahluk yang taat? - 16 December 2009 - Blog - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:59 AM
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Calendar
«  December 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
Entries archive
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » 2009 » December » 16 » Mengapa Malaikat mengajukan banding tatkala Manusia diciptakan...., bukankah malaikat itu termasuk mahluk yang taat?
    7:14 PM
    Mengapa Malaikat mengajukan banding tatkala Manusia diciptakan...., bukankah malaikat itu termasuk mahluk yang taat?
    Orientalis : Al Quran berkata :
    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah ( Al Baqarah : 30 )

    Bukankan ini termasuk perlawanan dan pembangkangan dari malaikat, sedangkan didalam Al Quran itu sendiri dijelaskan bahwa malaikat itu termasuk mahluk yang taat?

    Jawab : sesungguhnya sikap bertanya malaikat kepada Allah swt bukanlah termasuk sikap menentang dan melawan, akan tetapi hal ini merupakan sikap berharap dan takut, takutnya yaitu karena mereka takut akan kurang didalam beribadah kepada Allah swt, dan harapannya yaitu jangan sampai ada yang lebih mulia dari mereka seorang pun. Nah agar pemahaman kita lebih terbuka dan jelas, maka disini saya akan mengibaratkan hal ini dengan firman Allah swt : ( والله المثل الأعلى ), anggaplah kamu memiliki seorang pembantu, suatu ketika kamu berkata kepada pembantu ini, sesungguhnya saya akan mendatangkan pembantu lain pada hari ini, kemudian pembantu tersebut berkata kepadamu : mengapa engkau mendatangkan pembantu lain wahai tuanku? Apakah saya kurang taat kepadamu sehingga mengharuskan engkau mendatangkan pembantu lain selain saya ?
    Apakah kamu beranggapan bahwa ini termasuk sikap membangkang atau menentang? Atau merupakan sikap ketundukan terhadap perintahmu?
    Allah swt tidaklah membutuhkan pembantu untuk mengurus ciptaan-Nya, kalolah Allah swt menghendaki, maka malaikat tidak akan diciptakan.
    Allah swt dengan tegas mengatakan bahwa malaikat merupakan mahluk yang taat dan tunduk kepada perintahnya, tidak pernah sekalipun membangkang terhadap perintahnya,

    sebagaimana firman Allah swt :
    tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan ( At Tahriim : 6 )

    Lalu mengapa malaikat beranggapan bahwa penciptaan Adam itu hanya akan membawa kerusakan dimuka bumi ini? Para ulama berkata bahwasanya, pada zaman sebelum diciptakannya manusia, telah ada mahluk yang menempati bumi ini yaitu dari kalangan bangsa jin. Perpecahan, kerusakan dan pertumpahan darah hampir terjadi setiap hari dimuka bumi ini, lalu Allah swt mengutus para malaikat untuk memeranginya. Maka dari itu para malaikat merasa takut apabila manusia diciptakan lagi akan membawa dampak kerusakan yang lebih besar sebagaimana yang telah dilakukan oleh bangsa jin pada saat dahulu.


    Wallahu A'lam
    Views: 1659 | Added by: fajar | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Name *:
    Email *:
    Code *: