Rahasia Menulis Blog yang Efektif dan Menarik - 7 October 2010 - Blog - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:59 AM
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Calendar
«  October 2010  »
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
Entries archive
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » 2010 » October » 7 » Rahasia Menulis Blog yang Efektif dan Menarik
    5:04 PM
    Rahasia Menulis Blog yang Efektif dan Menarik

    Terkadang bagi banyak orang, menulis terasa sangat sulit sekali, dimulai dari mencari ide, mengumpulkan bahan bahan sampai merangkai kalimat terasa sangat berat.  Namun demikian hal tersebut tidak lantas menjadikan kita patah semangat kan! Pepatah bilang : pengalaman adalah guru yang paling baik. Nah kawan kawan , disini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai bagaimana kiat kiat menulis yang singkat dan efektif, khususnya bagi kita yang gemar sekali NGEBLOG. Meskipun saya bukanlah seorang penulis yang handal , tapi apa salahnya jika saya mencoba berbagi ilmu sesama rekan-rekan mengenai  KIAT-KIAT  agar tulisan kita terlihat lebih menarik dan enak dibaca.

     

    Oke langsung saja, pertama tama yang harus diperhatikan dalam menulis yaitu Seni, maksudnya yaitu kita mesti terbiasa memposisikan diri kita sebagai seorang seniman. Lho kok bisa! Memang benar, menulis merupakan sebuah kegiatan yang membutuhkan kesenian. Tapi jangan pusing dulu! Ternyata seni didalam menulis itu tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Menurut Hernowo dalam bukunya yang berjudul  Seni Mengukir Kata : kiat Kiat menulis efektif - kreatif , dia berkata :

     

     (  Menulis merupakan sebuah kesenian dalam merangkai kata. Kita tidak bisa merangkai kata kata yang bernilai tinggi tanpa mengetahui seni dalam mengolah kata. Terkadang ketika dalam menulis , selalu timbul masalah yang muncul dalam benak kitu, ntah itu kurangnya ide yang ada diotak kita, maupun rasa malas yang kadang kadang timbul tanpa kita inginkan. Kesemuanya itu haruslah mesti kita singkirkan terlebih dahulu apabila kita ingin menjadi seorang penulis yang berbakat .

     

    Jadi ternyata, melalui definisi tersebut kita sadar bahwa untuk menulis yang efektif, memang diperlukan seni yang meliputi prinsip prinsip tertentu ( misalnya , kejujuran , komitmen pada kebenaran, motivasi yang benar, penguasaan tata bahasa dan gaya, serta kemampuan menyusun pikiran secara runtut dan cara cara metode tertentu misalnya , menulis tanpa beban , menulis secara runtut, penguasaan teknik menulis ilmiah, memparafrasa , mengutip dan lain lain)

     

    Disamping itu selain memiliki jiwa seni, sebuah tulisan supaya terlihat menarik mestilah memenuhi kritiea dibawah ini meskipun ini tidak mutlak menjadi acuan, akan tetapi hal ini setidaknya telah digunakan oleh para MASTER MASTER dalam bidang Tulis menulis setelah saya baca saran saran mereka, diantaranya yaitu :

     

    1.  JELAS

     maksudnya yaitu kita harus berani memprioritaskan tulisan kita secara jelas, tepat sasaran, tidak melebar kepada hal hal yang tidak diperlukan dalam tulisan kita.

     

    1. TERTIB

     Artinya jangan sampai tulisan yang kita buat kurang teratur, dengan kata lain hal ini bisa menjadi hambatan buat para pembaca untuk mencari inti gagasan dari tulisan kita. Fokuskan tulisan kita agar lebih sistematis, dimulai dari paparan masalah, kemudian ide ide sampai pada sesi terakhir yaitu kesimpulan yang bisa dipetik dari tulisan tersebut.

     

    1. SINGKAT

     Cobalah untuk mempersingkat kata kata yang sekiranya memang kurang diperlukan didalam tulisan kita. Karena pada dasarnya , pembaca kurang suka tatkala melihat tulisan kita yang begitu panjang, meskipun tidak sedikit juga dari mereka yang senang membaca sampai detail apa yang ada ditulisan tersebut.

     

    1.  MENARIK

    Sekarang biasakan lah diri kita  agar mencari tema tema yang menarik minat pembaca. Biasanya , orang orang zaman skrng khususnya para kaum remaja, lebih senang membaca kepada hal yang bersifat merangsang perasaan mereka. Contohnya tema CINTA, biasanya hal tersebut lebih disukai dari pada kita mengangkat tema KEADILAN.

     

    Mungkin hanya segini saran saya buat para pemula , intinya dalam menulis itu kita mesti LAKUKAN. Jangan ditunda tunda, tulislah apa yang ingin kita tulis. MARI KITA MENULIS…..

    Views: 1315 | Added by: fajar | Rating: 0.0/0
    Total comments: 1
    1  
    Hello!
    Etiam adipiscing mi ac rutrum semper augue enim feugiat magna eget mattis Curae Curabitur in nisl. Fusce vitae mauris molestie fermentum tempor at sed ut neque.

    Name *:
    Email *:
    Code *: