SYIRIK - 16 December 2009 - Blog - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:58 AM
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Calendar
«  December 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031
Entries archive
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » 2009 » December » 16 » SYIRIK
    7:35 PM
    SYIRIK



    Dan penyakit yang paling besar dan paling berbahaya bagi kebersihan hati yaitu penyakit syirik, dan kita berlindung kepada Allah swt smoga kita tidak dimasuki oleh penyakit ini, penyakit inilah yang menjadi sebab utama segala keburukan dalam hati maupun amalan kita, dan cobaan yang masuk kedalamnya.




    Allah swt berfirman :

    Demikianlah Allah mengunci mata hati orang-orang kafir.
    ( Al-A'raf : 101 )

    Orang yang musrik yaitu orang yang mensekutukan Allah swt dengan mahluknya selalu berada dalam keadaan rasa takut dan goncang, takut dari segala sesuatu , dan hatinya mengalami kegoncangan meskipun dari segi dzohir dia kelihatan tampak biasa-biasa saja.

    Hal ini telah Allah swt firmankan :

    Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang zalim ( Ali Imron : 151 )

    Disamping itu hal lain yang terjadi didalam jiwa orang yang musrik yaitu keadaan bimbang , kacau dan goncang yang menyeliputi keadaan jiwanya :

    Allah swt berfirman :

    Katakanlah: "Apakah kita akan menyeru selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan kemanfaatan kepada kita dan tidak (pula) mendatangkan kemudharatan kepada kita dan (apakah) kita akan kembali ke belakang[488], sesudah Allah memberi petunjuk kepada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh syaitan di pesawangan yang menakutkan; dalam keadaan bingung, dia mempunyai kawan-kawan yang memanggilnya kepada jalan yang lurus (dengan mengatakan): "Marilah ikuti kami." Katakanlah:"Sesungguhnya petunjuk Allah itulah (yang sebenarnya) petunjuk; dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan semesta alam ( Al-An'am - 71 )

    Orang yang musrik hidupnya tidak akan mengalami ketenangan dan keteguhan yang dapat membawanya mengarungi kehidupan ini,akan tetapi mereka selalu dihinggapi rasa takut baik itu kepada sesama manusia ataupun jin bahkan hewan sekalipun, resah, gelisah dan kacau sehingga dengan adanya rasa tersebut, susah sekali mereka dapat menerima hidayah dan kebenaran Ilahi yang datang dari Allah swt.

    Berbeda sekali apabila kita bandingkan dengan jiwa-jiwa orang mukmin yang mana mereka selalu dari keadaan bersih jiwa, suci hatinya sehingga apapun peristiwa dan kejadian yang terjadi mereka hanya berserah diri kepada Allah swt saja. Mereka ikhlas dan beribadah hanya untuk mendapatkan Ridho Allah swt. Mereka tidak takut kepada siapapun , karena mereka mengetahui bahwa segala sesuatu yang terjadi bagi dirinya adalah ketetapan Allah swt , baik mapun buruk , senang maupun sedih, bahaya maupun keselamatan hanyalah berada ditangan Allah swt.

    Allah swt berfirman :

    Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu ( Al-An'am - 17 )


    Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal
    ( At-Taubah : 51 )

    Lalu bagaimanakah caranya agar dapat menyembuhkan penyakit syirik tersebut!

    Perlu diketahui wahai saudara-saudaraku ! Sesungguhnya hati manusia ini hakikatnya hanya Allah swt yang mebolak-balikan keadaan hati seseorang dengan kehendaknya.

    Adapun penyembuhannya menurut Al-Quran dan As-Sunnah yaitu bersujud hanya kepada Allah swt saja, dan tunduk kepadanya, takut , beribadah dan beramal hanya mengharap Ridho-Nya.. Kemudian berdoa dan meminta hanya kepada Allah swt, Dia juga yang menyembuhkan segala penyakit, dan Dia pulalah yang menghidupkan dan mematikan , segala perkara hanya ada didalam didalam genggamannya, rizki, ajal, maut hanya Allah swt yang mengetahui nya.

    Intinya kita harus berserah dan hanya beribadah kepada Allah swt, sebagaimana Allah swt berfirman :


    Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( Ali Imron : 31 )

    Wallahu A'lam
    Views: 630 | Added by: fajar | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Name *:
    Email *:
    Code *: