Ibnu Daqiq Al-’Id; Ulama Hadis Terkemuka Berkat Doa Sang Orang Tua Oleh: Dinta* - Figura - Manggala Online - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:59 AM
Section categories
Analisa [3]
Arabiatuna [1]
Barakatak [2]
Cerpen [1]
Figura [2]
Lenyepaneun [1]
Lintas Budaya [4]
Paguyuban [10]
Resensi [4]
Salam Rumpaka [2]
Serial Kampus [3]
Sorotan Utama [1]
Keputrian [3]
Warta Kita [2]
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » Articles » Figura

    Ibnu Daqiq Al-’Id; Ulama Hadis Terkemuka Berkat Doa Sang Orang Tua Oleh: Dinta*


    Begitulah, doa orangtua telah mengantarkan Ibnu Daqiq Al-'Id tumbuh menjadi orang yang 'alim dan mengamalkan ilmunya.

    Perjalanan thalâbul ’ilmi Al-Hâfizh Ibnu Daqiq Al-'Id dimulai dengan membaca Al-Qur'an sampai menguasainya dengan baik. Ia melanjutkan perjalanan ilmiahnya menuju Damaskus Iskandariyah dan kota-kota lainnya.

    Untuk meningkatkan khazanah ilmiahnya, ia berguru ke banyak ulama. Pertama kali, ia menimba ilmu dari sang ayah yang memang seorang ulama juga. Ulama lain yang menjadi sumber studinya, diantaranya ialah: Syaikh Baha’uddin Abul Hasan bin Hibbatullah bin Salamah Asy-Syafi'i, Al-Hâfizh 'Abdul 'Azhim Al-Mundziri, Abul Ma'ali Ahmad bin Abdus Salam bin Al-Muthahhir dan Al-Hafizh Abul Hasan Yahya Al 'Aththar.

    Selain terkenal dengan ketinggian dan keluasan ilmu yang dikuasainya, Ibnu Daqiq Al-'Id juga tersohor dengan keluhuran budi pekertinya. Dalam hal kedermawanan, sang murid yang bernama 'Alauddin Al Qaunawi bercerita, bahwa Ibnu Daqiq Al-'Id sering memberinya beberapa dirham dan emas.

    Sifatnya didominasi oleh sifat lembut dipadu dengan wara'-nya yang menonjol dan agama yang kuat, sehingga menjadikan Ibnu Daqiq Al-’Id betul-betul memiliki kepribadian yang luhur. Kecintaannya kepada ilmu nampak dari ketekunan dan ketidakbosanan menelaah kitab-kitab. Dia memiliki ketekunan luar biasa saat menelaah sebuah kitab.

    Syaikh Zainuddin 'Umar Ad-Dimasyqi yang terkenal dengan Ibnul Kattani bercerita: ”Aku pernah menemuinya saat pagi hari. Dia menyerahkan sebuah kitab besar kepadaku seraya berkata, Kitab ini telah aku baca tadi malam.”

    Ada juga yang menceritakan: ”Aku melihat perpustakaan Najibah di kota Qaush yang berisi banyak kitab. Diantaranya kitab 'Uyûnul Adillah karya Ibnul Qashshar yang berjumlah tiga puluh jilid. Ternyata sudah ada tanda-tanda pada setiap jilidnya. Demikian juga kitab-kitab di Madrasah Sabiqiyah, diantaranya kitab Sunan Kabîr karya Baihaqi, ternyata sudah ada coretan-coretan di dalamnya (telah dibaca). Demikian juga pada kitab Târîkh Khathîb dan Mu'jamul Kabîr karya Thabrani dan kitab Al-Basîth karya Al-Wahidi telah terdapat coretan-coretan di dalamnya.

    Syaikh Sirajuddin Ad-Dandarawi berkata, ”Ketika muncul (terbit) kitab Syarh Kabîr karya Ar-Rafi'i, ia (Ibnu Daqiq Al-’Id) membelinya dengan harga seribu dirham. Dia hanya menyibukkan diri dengan shalat fardhu dan menelaah kitab tersebut sampai menyelesaikannya.”

    Sebagai ulama hadis yang memiliki keluasan ilmu, maka sangat layak bila ia mendapat berbagai pujian. Para muridnya adalah orang yang paling mengetahui, sebab mereka sering bergaul dengannya dalam majelis ilmu yang diselenggarakannya. Dengan itu, mereka menjadi saksi hidup tentang kapasitas ilmiah yang dimiliki guru mereka dalam berbagai disiplin ilmu.

    Sebagai contoh, saat menulis Biografi Syaikh Taqiyyuddin Ibnu Daqiq Al-'Id, Imam Muhaddits Fathuddin Muhammad Al-Ya'muri, salah seorang muridnya, mengatakan : "Aku belum pernah melihat orang seperti dia. Aku belum pernah menimba ilmu atau meriwayatkan (sebuah hadis) dari orang yang lebih agung darinya. Dia mampu menguasai berbagai ilmu, sekaligus menjadi pakarnya. Dia terdepan dalam keluasan tentang 'ilal hadis dibandingkan rekan-rekannya. Bahkan dia paling terkenal penguasaaanya terhadap ilmu yang mulia ini (ilmu hadis) pada masanya. Dia sangat memelihara lidahnya. Seandainya ada orang yang menghitung ucapannya, pasti dapat menghitung kata-kata yang diucapkannya." Kemudian Syaikh Fathuddin mengakhiri sanjungannya dengan mengatakan: "Bola mataku belum pernah menyaksikan orang yang lebih berbudi luhur darinya."

    Berkaitan dengan kejelian kritik hadis dan ketelitiannya dalam ilmu hadis, tidak ada seorang pun pada masanya yang menandinginya. Ketinggian ilmunya juga tertuang ke dalam karya ilmiah yang ditulisnya.

    Berikut ini sebagian nama kitab yang telah diwariskan Al-Hâfizh Ibnu Daqiq Al-'Id untuk umat Islam: al-Ilmâm fî Ahâdîtsil Ahkâm, Ihkâmul Ahkâmi Syarh 'Umdatul Ahkâm, Syarh al-Arba'în an-Nawawiyyah, al-Iqtirah fi Bayâni al-Ishthilâh, Risâlah fi Ahli Dzimmah, Tuhfatul Labîb fî Syarhi at-Taqrîb, dan Syarh 'Uyûnil Masâili fî Nushûshi Asy-Syâfi'i.

    Ulama hadis ini meninggal pada hari Jum'at, 12 Shafar 702 H dalam usia 77 tahun. Saat pemakamannya yang dilakukan pada hari Sabtu, orang-orang berdesakan untuk menghantarkan jenazahnya. Para ulama dan pejabat ikut serta larut bersama umat mengantar Ibnu Daqiq Al-'Id menuju peristirahatannya di alam kubur.

    Demikian sekilas perjalanan gemilang kehidupan Al-Hâfidz Ibnu Daqiq Al-'Id berkat doa orangtua yang mustajâb. Maka menjadi pelajaran bagi kita, hendaklah para orang tua memaksimalkan usaha dalam perbaikan anak dan keturunannya melalui doa. Wallâhu a’lam.

    *Mahasiswa tkt.4 fak.ushuluddin

     

     

     

     

     

    Category: Figura | Added by: fajar (2010-02-23)
    Views: 6153 | Comments: 2 | Rating: 0.0/0
    Total comments: 1
    1  
    Es aconsejable que usted debe hacer una investigación adecuada del mercado antes de comprar un Kegelmasterr <a href="http://www.wuxijia.com/monster-beats-studio-diamond-c-14.html">monster beats studio falsos</a> Sus tiendas locales no serán capaces de ofrecer la variedad de productos que se pueden ver en línea, pero por que las arrugas de los pantalones "están en el frente (no en los laterales), y son de gran nitidez <a href="http://www.turbil.net/botas-ugg-classic-mini-c-12.html">ugg botas baratas</a> No somos desconocidos para 4G, que es ampliamente utilizado en nuestra vida moderna, se pueden usar solos o formar equipo con otro joyería de cuentas simples pintadas <a href="http://www.melanierapp.com/hombres-timberland-roll-top-c-5.html">relojes timberland</a> Usted también será capaz de recibir muchos elogios de sus amigos y colegas, así <a href="http://www.shltdm.com/monster-diesel-vektr-c-15.html">dre beats</a> Sin embargo, el espacio de un sari en un armario de la mujer no puede ser tomado por cualquier otra cosa en su clásico libro de 1941 Los Longhorns, J <a href="http://www.kaihu800.com/hombres-moncler-polo-c-7.html">comprar moncler online</a> ¿Necesitas algunas ideas frescas para su madre este año? ¿Cómo se puede celebrar una de las personas más importantes en su vida el día de la Madre? La respuesta es simple, con un regalo único de la joyería de la perla preciosa de Aloha Perlas

    http://celestial-bell.sakura.ne.jp/bbs/bbs.cgi
    http://www.commercialphoto.com/architecture/dc-va-md-apartment-building-photography/comment-page-1/#comment-151769
    http://oasegorredijk.nl/site/gastenboek/
    http://xesink.mywapblog.com/operamini-v6-1-langsung-pancal-gratis-sc.xhtml?PHPSESSID=ded9d057b1917be38d14faad 3326b7ea#new-comment-anchor
    http://www.bdeduarticle.com/education-and-finance/46-uncatagorized/47-marketing-of-education-in-bangladesh-an-overview-on-the-perspective-of-busines s-philosophy-and-ethics/

    Name *:
    Email *:
    Code *: