KPMJB ke Depan Mau Dibawa ke Mana?! Oleh: Imam Suryansyah, Lc* - Paguyuban - Manggala Online - kpmjb official website
Saturday
2016-12-03
9:57 AM
Section categories
Analisa [3]
Arabiatuna [1]
Barakatak [2]
Cerpen [1]
Figura [2]
Lenyepaneun [1]
Lintas Budaya [4]
Paguyuban [10]
Resensi [4]
Salam Rumpaka [2]
Serial Kampus [3]
Sorotan Utama [1]
Keputrian [3]
Warta Kita [2]
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » Articles » Paguyuban

    KPMJB ke Depan Mau Dibawa ke Mana?! Oleh: Imam Suryansyah, Lc*


    Untuk itu,
    hal pertama yang akan dilakukan oleh DP-KPMJB ke depan adalah memetakan hal-hal yang dianggap vital, baik hubungan internal KPMJB maupun hubungan eksternal dengan organisasi/instansi lain. Untuk tataran internal KPMJB, DP-KPMJB (dituntut untuk-red.) bisa mensinergikan elemen-elemen penting yang ada di dalam tubuh KPMJB, seperti: sesepuh, MPA, dan pengurus Pasangrahan untuk kepentingan warga. Sesepuh yang berfungsi sebagai penasehat dan pembimbing DP-KPMJB harus benar-benar dioptimalkan peranannya dengan terus menjalin silaturahmi, meminta saran dan masukan mereka. MPA dan pengurus Pasangrahan pun demikian, bagaimana kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh dua lembaga ini bisa selaras dan mengedepankan kemaslahatan warga KPMJB seperti yang telah dicanangkan oleh DP dalam program kerjanya.

    Secara garis besar stressing
    point program DP ke depan, sebagaimana yang terangkum dalam GBHO, dititikberatkan pada pengembangan kualitas intelektual dan akademis warga KPMJB. Melalui program unggulan, saya berusaha untuk mencapai hal tersebut dengan membaginya ke dalam tiga poin besar, yaitu:
    1.  Memprioritaskan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada peningkatan              

         kualitas akademis dan intelektualitas anggota;
    2.  Mengembangkan skil dan potensi warga KPMJB dalam berbagai bidang;
    3.  Membangun soliditas warga KPMJB.

    Untuk poin pertama kita klasifikasikan menurut tingkatan/strata akademis anggota
    , sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Karena tentunya stressing kebutuhan tiap tingkatan akan berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk mahasiswa baru misalnya, yang mereka butuhkan untuk penunjang studi adalah bagaimana mereka memahami muqarrar, bagaimana bisa menulis cepat, bagaimana hafalan Al-Qur'an mereka terkontrol, bagaimana memahami bahasa 'Ammiyah, dll. Program yang kami tawarkan kepada mereka adalah Paket Belajar Mandiri (PBM). Untuk tingkat II dan III lebih kepada pengasahan intelektual dan pengembangan skil dalam wadah kajian, pelatihan-pelatihan dasar, dll., di samping juga tetap memperhatikan kebutuhan yang menunjang studi mereka. Begitu juga untuk tingkat IV, program yang sangat dibutuhkan oleh mereka adalah pelatihan-pelatihan yang bersifat pembekalan. Namun terlepas dari itu semua, tidak menutup kesempatan bagi semua tingkatan untuk bisa mengikuti seluruh kegiatan yang telah diprogramkan pengurus.

    Untuk poin kedua, pengembangan skil dan potensi warga dalam berbagai bidang tetap kita perhatikan juga sebagai penyeimbang antara akademis dan wawasan umum, seperti dalam program
    'sunset' (Study, Menulis dan Riset) dan mendirikan P3S (Pusat Pelatihan Public Speaking) dalam dua bahasa, Arab dan Indonesia. Sedangkan untuk poin terakhir, dalam membangun soliditas warga KPMJB kita memberikan solusi Gerakan Cinta Paguyuban. Ini kaitannya dengan tataran internal KPMJB.

    Adapun untuk misi ke luar kita ingin mengoptimalkan hubungan dengan alumni Mesir dari Jawa Barat, sebagai batu loncatan tercapainya hubungan erat antara kita dengan Pemda Jawa Barat atau instansi dan lembaga lainnya di Indonesia.

    Garapan lain yang
    tak kalah pentingnyaberkaitan dengan kesejahteraan warga  kita perhatikan, seperti program yang kita tawarkan Gerakan Silih Bantu (gasibu). Sebuah program untuk anggota yang sangat membutuhkan, seperti: bantuan terhadap ibu yang melahirkan, bantuan terhadap orang sakit dan pengadaan muqarrar, baik melalui solidaritas warga yang mampu maupun melalui proposal-proposal. Selain gasibu, ada juga program Hari Kesehatan Warga. Yaitu, sebuah upaya memberikan penyuluhan dan memperhatikan kesehatan warga untuk mendorong kelancaran proses belajar. Pada intinya, bagaimana warga KPMJB tidak banyak yang sakit.

    Garapan lain
    nya adalah program khusus keputrian. Kita menawarkan kegiatan Pekan Hari Ibu se-Paguyuban. Program khusus untuk mahasiswi dan yang berkeluarga ini meliputi acara-acara yang berhubungan dengan kewanitaan; baik itu seminar, pelatihan, kreasi seni ataupun lomba-lomba khusus selama sepekan. Dalam hal kesenian kita berikan porsinya melalui program Parahyangan Contest (PC). Program ini diselenggarakan berdasarkan kerja sama DP dengan LSGP untuk membantu pengkaderan di tubuh pengurus LSGP itu sendiri. Dan yang terakhir, ada sebuah program yang dinamakan Gerakan Wakaf Buku sebagai usaha untuk melengkapi perpustakaan yang ada dan sebagai bentuk perhatian kita dalam merangsang minat baca warga.

    Itulah gambaran yang akan menjadi garapan DP
    -KPMJB selama 1,5 tahun ke depan. Ideal memang ketika kita merancang dan menggambarkannya dalam sebuah tulisan, namun ketika di dalam realitanya (pasti-red.) akan banyak hambatan-hambatan yang tidak mungkin (bisa-red.) kita pungkiri selama berjalannya kepengurusan. Untuk itu, harapan dan kerjasama dari semua elemen yang ada untuk saling bahu-membahu menuju tercapainya KPMJB yang lebih baik dan lebih maju. Mari kita dukung KPMJB!

    * Ketua Umum KPMJB Periode 2009-2011
    Category: Paguyuban | Added by: fajar (2009-09-29)
    Views: 450 | Comments: 2 | Rating: 0.0/0
    Total comments: 0
    Name *:
    Email *:
    Code *: