Saturday
2024-04-20
10:46 AM
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Search
Calendar
«  July 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
Entries archive
Site friends
  • Create your own site
  • My site
    Main » 2011 » July » 15 » Tips dimudahkan Rizki menurut bimbingan Rosulullah saw
    7:01 PM
    Tips dimudahkan Rizki menurut bimbingan Rosulullah saw
    1. Istigfar

     

    Berkata Nabi Nuh as kepada Kaumnya :

    " maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. ( Nuh 10-12 )"

     

    1. Berdoa 

    sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Isa as , yang Allah swt kisahkan ceritanya didalam Al Quran :

     

    Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama."  ( Al Maidah : 114 )

     

    Begitupun dengan Nabi Sulaiman as, yang mana telah kita ketahui, beliau adalah penguasa seluruh dunia pada zamannya , disertai dengan kekuatan balatentaranya tidak hanya dari golongan manusia saja, bahkan jin dan hewan pun turut tunduk dibawah pimpinannya dengan izin Allah swt, beliau tidak sungkan sungkan berdoa kepada Allah swt, Al Quran menjelaskan :

     

    Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi ( Shaad : 35 )

     

    1. Meminta kepada Allah swt supaya dijauhkan dari kefakiran
    2. Iman dan bertakwa kepada Allah swt

     

    Allah swt berjanji kepada siapa saja, barang siapa yang bertakwa kepada Nya, niscaya diluaskannya rizki dari hal yang tidak disangka sangka :

     

    Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu ( At-Thalaq : 2-3 )

     

    Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.  ( Al Araf : 96 )

     

    1. Mensyukuri nikmat Allah swt atas apa yang telah diberikan Nya kepada kita

     

    Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih ( Ibrahim : 7 )

     

    1. Bersilaturahmi kepada tetangga

    Rosullullah saw berkata : barang siapa yang menyukai agar diluaskan rizki baginya , dan ditangguhkan umurnya , maka bersilaturahmilah kepada tetangganya ( HR Bukhori dan Muslim )

     

    Penjelasan Hadist :

    Diluaskan rizkinya : dimudahkan dalam mencari rizki dan diberikan keberkahan didalamnya

    Ditangguhkan umurnya : diberikan kekuatan didalam badannya sehingga dipanjangkan umurnya ( pendapat beberapa ulama )

    Diambil dari : Sarah Fathul Bari fi Shohihi Bukhori

     

    1. Bertawakal kepada Allah swt dengan sebenar benarnya tawakkal

    Yaitu dengan mengedepankan usaha dulu semaksimal mungkin, jangan dulu putus asa, karena kesuksesan itu tidak bisa kita dapatkan dengan instan. Islam berjaya dilalui dengan jalan berliku dan terjal, begitupun orang orang sukses didunia ini , mereka berani membayar kesuksesan dengan jerih payah mereka tanpa mengenal lelah. Bedanya , orang mukmin itu mengedepankan niat ikhlas dan ridho Allah swt sehingga meskipun hasilnya tidak memuaskan tapi Allah swt tetap memberikannya pahala yang dapat kita tabung diakhirat kelak.

     

    Kesimpulan :

    • hendaknya kita mendahulukan ikatan kita dengan Allah swt sebelum melakukan pekerjaan yang lainnya, karena Iman merupakan landasan segala amal kita, apabila kita Ikhlas dan hanya mengharap Ridho Allah swt, maka dengan janjinya Allah swt akan memudahkan kita dalam mengarungi hidup ini, tidak hanya didunia saja , tapi diakhirat pun demikian. 
    • Beramalah , karena kita tidak bisa mendatangkan rizki yang melimpah hanya dengan lamunan hampa, kalau lah kebahagian itu datang dengan impian semata tanpa aksi, maka tentu Rosulullah saw lebih berhak banyak beristirahat ketimbang berjihadnnya, karena beliau merupakan manusia teragung dimuka bumi ini. Tetapi kenyataannya tidak demikian, segala kesusahan dan penyiksaan yang dilakukan oleh kaumnya di jalani dengan keimanan dan kesabaran hanya kepada Allah swt. Sehingga tersebar luaslah islam disegala penjuru dunia ini.

     

    Sumber : kitab Istigfar

     

    Wallahu a'lam bishowab

    Views: 20621 | Added by: fajar | Rating: 2.0/7
    Total comments: 2
    2 independenaldof  
    0
    https://shrinke.me/LsuZibĀ 

    gak rugi

    1 jaka tarub  
    0
    mohon ditambah lagi,yang lebih lengkap

    Name *:
    Email *:
    Code *: